Tuesday, June 25, 2013

Pengaruh waktu penjepitan tali pusat bayi jangka panjang pada hasil maternal dan neonatal (Review)


Effect of timing of umbilical cord clamping of term infants on maternal and neonatal outcomes (Review)
McDonald SJ, Middleton P

Judul               : Manfaat ibu dan bayi menunda penjepitan tali pusat sampai setelah tali pusat   berhenti berdenyut (The Cochrane Library)
Design                         : Review dari 11 studi
Sampel            : 400 bayi cukup bulan lahir setelah kehamilan berisiko rendah. Bayi Intervensi diacak untuk penundaan penjepitan tali pusat (≥ 180 detik setelah persalinan) atau awal klem (≤ 10 detik setelah persalina).
Analisis                : Review dari 11 studi mengevaluasi manfaat ibu dan bayi menunda penjepitan  tali pusat sampai setelah tali pusat berhenti berdenyut, tanda bahwa darah tidak lagi mengalir antara plasenta ibu dan bayi. Dalam banyak kasus perbedaan waktu antara klem placenta awal dan akhir hanya satu atau dua menit, namun penundaan memungkinkan untuk infus tambahan darah dari ibu ke anak.
Analisis menemukan bahwa bayi yang baru lahir pada kelompok penundaan-klem memiliki lebih besar  zat besi dalam darah mereka. Jumlah zat besi dalam darah saat lahir dapat mempengaruhi kesehatan, terutama risiko seorang bayi untuk anemia pada bulan-bulan pertama kehidupan.
Namun, studi ini juga menemukan bahwa bayi dalam kelompok tertunda-klem lebih rentan terhadap penyakit kuning. Banyak bayi mendapatkan bentuk ringan dari penyakit kuning saat lahir karena hati belum matang dan tidak bisa memproses bilirubin, produk sampingan kuning pemecahan sel darah merah tua. Ketika hati tidak dapat memproses semua bilirubin cenderung terdorong keluar ke jaringan dan bayi tampak kuning sedikit
Ikterus baru lahir dapat mereda tanpa pengobatan atau diperlakukan dengan paparan sinar matahari yang sederhana. Kajian ini menemukan bahwa bayi dalam kelompok tertunda-klem memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kuning yang membutuhkan perawatan ekstra dengan fototerapi. Tapi jika Anda bekerja di daerah di mana Anda tidak memiliki akses yang mudah untuk mengobati anak dengan penyakit kuning yang lebih parah, maka sebagai dokter Anda akan perlu untuk menimbang-nimbang antara manfaat dan risiko. Membiarkan bayi untuk mendapatkan darah tambahan dan mungkin menjadi penyakit kuning adalah masalah tertentu jika Anda tidak memiliki fasilitas. Dalam hal ini, mungkin, Anda akan berbuat salah di sisi menjepit tali pusat sedikit lebih awal,

No comments:

Post a Comment